Quick Links
Database Industri
Database Alumni
Tracer Study
Courseware
Forum
Search
User Survey
Download
 
 
Login
Dosen
Alumni & Calon Wisudawan
Perusahaan
Staff Adm
 
 
Prog Hibah Kompetisi A3
Umum
Hasil Kegiatan
 
 
Blogroll
Tractor Snow Blower
Trailer Parts India
Mindflex Mattel
Lowongan Kerja
 
 
Berita
selengkapnya »
 
Contact Us
Gedung Teknik Industri - ITS
Sukolilo, Surabaya
Telp : 031-5939361
Email : webmaster
Visi, Misi dan Sasaran Teknik Industri
 Sejarah   Struktur Organisasi    Prestasi dan Award   Evaluasi Diri   Testimonial

Visi

Visi Jurusan Teknik Industri ditetapkan sesuai dengan Visi Fakultas Teknologi Industri (FTI) yaitu:
 
Jurusan Teknik Industri ITS ingin menjadi institusi pendidikan tinggi Teknik Industri unggulan yang memiliki reputasi internasional dan mampu mendukung pembangunan nasional yang berkelanjutan.


Misi
 

Melaksanakan program pendidikan dan kegiatan penelitian dibidang Teknik Industri yang bereputasi Internasional.
Menyediakan pelayanan yang relevan dengan kebutuhan industri serta masyarakat untuk mendukung pembangunan nasional yang berkelanjutan.
Membangun jaringan kerjasama pengembangan kegiatan pendidikan dan penelitian untuk memberdayakan sumber daya insani dan seluruh resources yang dimiliki;
Melakukan penelitian dan pengembangan di bidang keilmuan teknik industri yang berkualitas dan memberi kontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi;


Sasaran
 

Menghasilkan lulusan Sarjana Teknik Industri yang bermutu yang relevant dengan kebutuhan industri dan masyarakat serta berkemampuan melakukan aktivitas design, engineering, improvement, dan installation;
Menghasilkan penelitian dan pengembangan dibidang keilmuan Teknik Industri yang berkualitas dan memberi kontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Menerapkan konsep, metode dan teknik hasil penelitian dalam lingkup profesi Teknik Industri.


Kompetensi
 

Pendidikan sarjana (strata 1) jurusan Teknik Industri bertujuan untuk membentuk sarjana yang memiliki kompetensi yang tinggi dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pengoperasian dan pengendalian sistem industri yang luas dan kompleks, mempunyai kemampuan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, maupun produktivitas sistem industri. Untuk memenuhi hal tersebut seorang sarjana Teknik Industri dituntut memiliki kemampuan dibidang ilmu keteknikan dan ilmu sosial secara bersama. Hal ini penting sebagai bekal untuk melihat dan menyelesaikan segala permasalahan industri dengan konsep pendekatan sistem .

Sesuai definisi yang dirumuskan oleh The Institute of Industrial Engineering yang berbunyi Industrial Engineering is concerned with the design, improvement and installation of integrated system of people, materials, information, equipment, and energy. It draws upon specialized knowledge and skill in the mathematical, physical, and social sciences together with the principles and methods of engineeig analysis and design to specify, predict and evaluate the results to be obtained from such system . Sehingga bisa dijelaskan bahwa disiplin Teknik Industri adalah disiplin yang unik, tidak saja human focused dalam memandang sistem yang kompleks, tetapi juga menekankan proses dalam memperbaiki kinerja keseluruhan sistem yang dapat diukur dari ukuran ekonomi, target kualitas serta dampak terhadap lingkungan.

Secara umum pendidikan Teknik Industri ditujukan untuk menghasilkan :

Lulusan yang mampu menerapkan matematika, sains, ilmu sosial dan prinsip-prinsip rekayasa untuk memecahkan persoalan Teknik Industri.
Lulusan yang memiliki kemampuan untuk merancang, menganalisa, melakukan perbaikan dan mengoperasikan sistem kompleks yang terdiri atas manusia, material, peralatan, informasi dan sumber daya yang lain.
Lulusan yang mampu menerapkan teknik, keterampilan, tools , komputasi untuk mengidentifikasi, merumuskan, menganalisa serta memecahkan problem Teknik Industri.

Untuk mencapai tujuan pendidikan Teknik Industri diatas, maka sistem pendidikan Teknik Industri harus memberikan beberapa kemampuan kepada mahasiswa sebagai berikut :
Menerapkan sistem manajemen mutu, teknik pengendalian dan perencanaan produksi ;
Penggunaan teknik komputasi dan analisa sistem, simulasi dan aplikasi software yang lain ;
Pemahaman pengetahuan tentang perancangan eksperimen, pengumpulan data, analisis statistik untuk problem industri ;
Pemahaman terhadap aspek ekonomis dan akuntansi ;
Kemampuan memilih, menerapkan, mengkritisi, adaptasi dan atau mengembangkan tata cara analisa Teknik Industri ;
Kemampuan mendesain sistem, komponen atau proses untuk mencapai kebutuhan yang diinginkan ;
Kemampuan memahami adanya kebutuhan belajar berkelanjutan ;
Menumbuhkan kemampuan untuk memahami dampak industri dan teknologi terhadap masyarakat ;
Mampu berkomunikasi secara efektif dan bekerjasama dalam kelompok yang bersifat multidisiplin baik sebagai anggota maupun pimpinan
 

Sebelumnya | Kembali ke Atas | Hal Utama
@ 2006 Teknik Industri ITS - SIM ini didanai oleh program PHK A3 JTI-ITS 2006-2007 (Developed by Sevima)