Quick Links
Database Industri
Database Alumni
Tracer Study
Courseware
Forum
Search
User Survey
Download
 
 
Login
Dosen
Alumni & Calon Wisudawan
Perusahaan
Staff Adm
 
 
Prog Hibah Kompetisi A3
Umum
Hasil Kegiatan
 
 
Blogroll
Tractor Snow Blower
Trailer Parts India
Mindflex Mattel
Lowongan Kerja
 
 
Berita
selengkapnya »
 
Contact Us
Gedung Teknik Industri - ITS
Sukolilo, Surabaya
Telp : 031-5939361
Email : webmaster
Testimonial Alumni
 Sejarah   Struktur Organisasi    Prestasi dan Award   Evaluasi Diri   Testimonial

Surjo Winarto, ST, MSc.
Alumni Teknik Industri ITS Angkatan 1989

Demand & Supply Planning Director
PT. Tirta Investama / Danone Aqua Indonesia

Saya merasa beruntung karena latar belakang pendidikan dan pekerjaan saya sangat terkait. Pendidikan yang saya peroleh di Jurusan Teknik Industri ITS sangat mendukung karir saya selama ini.

Sejak pertama kali lulus kuliah saya merasa bahwa ilmu yang saya dapat di bangku kuliah sangatlah relevan dan sangat membantu pengembangan karir saya. Saya berkesempatan bekerja di berbagai industri di bidang supply chain management seperti di Kabelmetal dan Wings dan sejak Maret 2006 saya menjabat sebagai Demand & Supply Planning Director di Danone Aqua Indonesia.

Tidak dapat dipungkiri, ilmu Teknik dan Manajemen Industri adalah ilmu yang sangat dinamis, dan saya merasakan bahwa belajar terus menerus baik melalui pendidikan formal maupun aplikasi sehari-hari sangatlah penting. Yang membuat saya berkesan adalah Jurusan Teknik Industri ITS terus menerus mengembangkan ilmunya seiring dengan perkembangan jaman. Disamping meningkatkan kemampuan staf akademik, juga menjalin hubungan yang dekat dengan para alumninya. Dengan demikian, ilmu- ilmu yang ada selalu ter-update. Saya dengan senang hati selama ini memberikan kuliah tamu di beberapa mata kuliah. Hal ini pula vang membuat para lulusan Jurusan Teknik Industri ITS memiliki kompetensi untuk bersaing di dunia industri. Dalam rekrutmen karyawan, saya melihat bahwa lulusan Teknik Industri - ITS mempunyai kompetensi yang baik dan basic mentality yang kuat.


Mohamad Santoadji Nugroho
Alumni Teknik Industri ITS angkatan 1997
Master International Business ( Monash University )
Coordinator Service Sales Engineer for Recapture & Conversion

Current Job Description :

Koordinator Service Sales Engineer for Recapture & Conversion

Menentukan strategi marketing dan sales untuk produk service maintenance lift, escalator, travolator & dumbwaiter.

Menjual produk service maintenance untuk lift, escalator, travolator & dumbwaiter.

Mengkoordinatorkan 3 orang Service Sales Engineer untuk mencapai target yg ditentukan.

Koordinator ISO implementation untuk service sales department

Koordinator implementasi SMS (service management system} yaitu sistem yg terintegrasi antara sales, operational & finance.

Job Relation

Pembuatan strategi bisa berdasarkan Icon 2 manajemen marketing & manajemen jasa yg pernah dipelajari di TI.

Pemecahan masalah secara sistemik sering saya lakukan dengan cara yg mudah secara fishbone diagram.

Dalam menangani ISO dan SMS saya terbiasa berpikir secara sistem dan membuat flowchart.

   

Keunggulan TI

Mampu berpikir secara sistemik dalam menyelesaikan masalah sehingga masalah dapat terpecahkan secara komprehensif.

Dapat beradaptasi dengan dunia sales, HR , Marketing. Operasional, Inventory dengan mudah.

Dapat membaca laporan keuangan, sehingga dapat mengetahui kondisi

keuangan sebuah perusahaan.


Dito Yulianto, ST.

Alumni Teknik Industri ITS angkatan 2000
Staf Muda Bidang SDM
PT. Antam, Tbk.
Nickel Mining Business Unit Pomalaa Kolaka
93562 Sulawesi Tenggara

Menjadi lulusan teknik industri adalah sesuatu yang luar biasa. Rentang keilmuan Teknik Industri yang luas sangat membantu dan mendukung pekerjaan saya di PT. Antam Tbk., Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN), Pomalaa, Sulawesi Tenggara. Selain operasi penambangan bijih nikel secara terbuka (open & selective mining), di UBPN juga terdapat operasi pengolahan bijih nikel menjadi Ferronickel. Berbekal pengetahuan dan pengalaman sebagai Asisten Studio Manajemen dan Sistem Industri, pemahaman dan pendalaman pekerjaan sebagai Staf Muda Bidang SDM menjadi lebih mudah. Keilmuan di area Job Analysis, Job Evaluation, Performance Management, Competence Based Performance Appraisal, dan Employee Satisfaction Survey menjadi pekerjaan sehari-hari.

Keilmuan Teknik Industri yang luas juga membantu saya untuk dapat memahami lebih mudah konsep Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja (SMK3) sehingga masuk dalam Tim Implementasi OHSAS yang juga bertujuan untuk -nengintegrasikannya dengan Sistem Manajemen Kualitas dan Lingkungan yang sudah ada sebelumnya menjadi QESH (Quality, Environment, Safety, and Health Management System. Pengelolaan Lingkungan dan K3 di area pertambangan adalah merupakan elemen yang kritis dan mutlak bagi perusahaan pertambangan, terutama ANTAM yang berkomitmen untuk tetap menjaga keberlanjutan ekosistem lingkungan bagi masyarakat sekitar. Kedinamisan keilmuan Teknik Industri juga sangat mendukung untuk dapat terus meningkatkan dan menambah ilmu-ilmu baru. Salah satunya adalah Enterprise Risk Management (ERM), dimana saya terlibat dalam implementasinya.

Selama hampir 2 tahun bekerja setelah lulus pada tahun 2004, banyak sekali pengalaman dan pemahaman baru yang saya peroleh. Bahwa selain kebutuhan pemahaman konsep keilmuan (Hard Skill) yang kuat, dibutuhkan juga Interpersonal Skill (Soft Skill) yang kuat pula. Penguasaan teknik komunikasi mutlak dibutuhkan oleh lulusan Teknik Industri, yang mempunyai rentang keilmuan yang luas r yang diharapkan tidak hanya mampu bekerja di bidang teknis namun juga mampu bekerja di area manajemen dan strategis. Lulusan Teknik industri juga harus dinamis untuk dapat memperluas keilmuan sesuai kebutuhan. Di bidang Sumber Daya Manusia, selain keilmuan di bidang Psikologi dan Hukum. Pengelolaan pegawai tidak dapat dipisahkan dari regulasi-regulasi yang ada dibelakangnya.


Andi Rahmat Dinata, ST

Alumni Teknik Industri ITS Angkatan 2001
GDP (Gradute Development Program)
PT. Holcim Indonesia , Tbk.

GDP (Graduate Development Program) PT. Holcim Indonesia Tbk. Program persiapan tenaga kerja bagi fresh graduate perguruan tinggi. Program ini memadukan in class training dengan praktik langsung di lapangan melalui On the Job Training dalam masa 1 tahun. Diharapkan peserta program ini memiliki pengetahuan tentang cement and concrete manufacture dan pengalaman kerja selain bekal soft skill khususnya leadership dan communication. GDP 1 start February 2006 dan akan berakhir February 2007. So bentar lagi selesai, wish me luck ya.

Job Correlation
Program GDP sebenarnya mirip dengan program MT di perusahaan2. Peserta program belajar untuk menjadi seorang ''General Manager" yang memiliki pengetahuan yang luas tentang perusahaan. Nah karena di TI kita belajar banyak sekali ilmu manajemen, dari yang general hingga teknik, maka pengetahuan dan pengalaman kita akan sangat berguna.

Learning Experience

Sebenarnya potensi keilmuan kita sangat besar dalam perannya di dunia industri dan wirausaha. Gambaran proses dari awal berdirinya sebuah usaha hingga bagaimana usaha itu berjalan dengan baik kita pelajari semua. Namun sayangnya kita terlalu terpaku pada proses belajar yang konvensional dan objek belajar yang juga masih konvensional. Misal: in class training dengan metode belajar satu arah. Disamping membosankan juga bisa mematikan kreativitas berpikir mahasiswa. Kuliah interaktif dengan banyak studi kasus , diskusi, miniatur industri, presentasi, praktik kerja lapangan, dan profil tokoh bidang industri dan wirausaha saya rasa akan lebih memacu mahasiswa TI untuk kreatif dan lebih mudah dalam menghayati ruh ilmu TI.

Sarjana TI umumnya punya kemampuan memahami system secara lebih cepat dan lebih fieksibel. Mampu mencari celah dan jalan keluar permasalahan organisasi dari berbagai sudut pandang dan menggunakan tool2 yang sistematis untuk menelusuri akar permasalahan dan mencari solusinya. Kemampuan ini memudahkan sarjana TI dalam beradaptasi terhadap berbagai jenis organisasi atau perusahan, dari perusahaan jasa hingga manufaktur, bahkan bidang wirausaha. Sistem yang efektif, efisien dan produktif merupakan kata kunci.

 


Sebelumnya | Kembali ke Atas | Hal Utama
@ 2006 Teknik Industri ITS - SIM ini didanai oleh program PHK A3 JTI-ITS 2006-2007 (Developed by Sevima)