Program Hibah Kompetisi A3 JTI-ITS Periode 2006-2007
 Kerjasama Instansi    Kerjasama Masyarakat

Semenjak didirikan di tahun 1985, Jurusan Teknik Industri ITS telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Didirikan sebagai Jurusan termuda ke - 2 di Fakultas Teknologi Industri, kini Jurusan Teknik Industri telah memiliki lebih dari 1000 alumni S1 dan S2 , menerima masukan hampir 200 mahasiswa per tahunnya, serta memiliki kualifikasi dan kompetensi staf pengajar yang semakin baik. Jurusan Teknik Industri tumbuh menjadi salah satu Jurusan dengan peringkat tertinggi di ITS dan menjadi salah satu Jurusan Teknik Industri yang diperhitungkan di Indonesia. Pengakuan itu tercermin dari akreditasi Jurusan Teknik Industri yang memperoleh nilai A semenjak 1999 - sampai sekarang. Demikian pula dengan diberikannya kepercayaan untuk memperoleh Hibah DUE-LIKE dan A-3 masing-masing pada tahun 1999 - 2004 dan 2006 - 2008.

Dalam usaha untuk menunjang rencana pengembangan ITS 2004-2009, diperlukan pemberdayaan kemampuan sumberdaya jurusan agar mampu menterjemahkan rencana pengembangan tersebut sesuai dengan potensi yang dimiliki, persoalan yang dihadapi dan rencana khusus pengembangan unit masing-masing. Pemberdayaan jurusan tersebut telah dilaksanakan melalui partisipasi dalam Program Hibah Kompetisi (PHK) yang salah satunya adalah PHK-A3 JTI-ITS. Agar program Hibah A3 periode 2006-2007 pada JTI-ITS dapat terlaksana dengan baik maka dibentuk Tim Pelaksana berdasarkan Surat Keputusan Dekan Fakultas Teknologi Industri, ITS, Nomor : 1831/KO3/PP/2005 tentang Pembentukan Tim Pelaksana Program Hibah A3 di Jurusan Teknik Industri FTI- ITS .

Tim Pelaksana Program Hibah A3 JTI-ITS Periode 2006-2007
1 Ketua Dr. Eng. Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng
2 Wakil Ketua Bidang Program Ir. I Ketut Gunarta , MT
3 Wakil Ketua Bidang Administrasi Syarifa Hanoum, ST, MT
4 Wakil Ketua Bidang Keuangan

Naning Aranti Wessiani, ST,MM

5 Penanggung Jawab Kegiatan  
  Kegiatan 1
Penguatan citra jurusan untuk meningkatkan daya saing lulusan
Yudha Andrian Saputra, ST
  Kegiatan 2
Peningkatan kompetensi dan daya saing calon lulusan
Nugroho Priyo Negoro, ST, SE
  Kegiatan 3
Peningkatan kompetensi dosen dan karyawan dalam memahami kondisi riil di industri
Dyah Santhi Dewi, ST, M.Eng.Sc
  Kegiatan 4
Peningkatan relevansi jurusan terhadap kebutuhan industri
Arief Rahman, ST
  Kegiatan 5
Peningkatan kuantitas dan kualitas penelitian berbasis kebutuhan industri yang menghasilkan produk jurusan berdaya saing
Ir. Budi Santosa, MSc, PhD
6 Staf Administrasi Keuangan Erma Kurnia .SE
     

CAPAIAN UMUM

Secara umum pelaksanaan Program A3 telah secara signifikan memberikan pengaruh baik langsung maupun tidak langsung dalam peningkatan RAISE di JTI-ITS. Sebagai bukti nyata adalah diraihnya ITS Management Award 2006 peringkat 1 oleh JTI-ITS. Award yang berhadiah 1 mobil Toyota Avanza dan terpilihnya Dr.Eng. Ahmad Rusdiansyah sebagai dosen berprestasi I tingkat ITS hal ini secara tidak langsung merupakan penghargaan dari pihak manajemen institut terhadap keberhasilan JTI-ITS untuk mendapatkan dan melaksanakan program A3 dengan baik.

Dari sisi leadership, program A3 telah berhasil mendorong minat para dosen dan mahasiswa JTI-ITS untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan program A3. Selain itu hubungan yang baik antara tim task force A3 dan JTI-ITS serta Dekanat FTI-ITS sangat memperlancar baik dari sisi pelaksanaan program maupun keuangan. Berbagai aktivitas telah berhasil menjembatani komunikasi antara JTI-ITS dengan industri misalnya program kuliah tamu, magang dosen / mahasiswa , pembimbingan tugas akhir bersama industri, pembuatan blue print Softskills Development Program, pelatihan Softskills dan English Skills dan lain lain. Kegiatan-kegiatan ini secara nyata telah meningkatkan relevancy calon-calon alumni Jurusan Teknik Industri. Dari sisi academic atmosphere, beberapa program telah meningkatkan kualitas mahasiswa, misalnya semakin banyaknya mahasiswa yang melakukan program Magang, membuat tugas akhir berdasarkan permasalahan kebutuhan Industri. Semakin banyak mahasiswa yang terlibat dalam penelitian dosen bersama industri serta mempresentasikan karya ilmiahnya di pertemuan ilmiah nasional merupakan bukti nyata peningkatan suasana akademis di JTI-ITS. Dari sisi sustanaibility, dapat diambil contoh pelaksanaan program pengembangan softskills yang disisipkan dalam mata kuliah mata kuliah. Dengan model semacam ini, maka diharapkan program pengembangan softskills dapat terus berlanjut apabila program A3 ini berakhir. Contoh lain, adalah upaya untuk mendorong dosen yang telah didanai untuk mengikuti training untuk mengadakan pelatihan-pelatihan sejenis sehingga akan menghasilkan revenue bagi JTI-ITS. Begitu juga dengan hibah-hibah penelitian didorong untuk dapat menghasilkan produk-produk unggulan yang akan menghasilkan revenue. Dari sisi internal management, beberapa kegiatan secara tidak langsung dapat membantu peningaktan kualitas pengelolaan internal JTI-ITS, misalnya reorganisasi dan revitalisasi laboratorium, peningkatan knowledge karyawan dalam pengelolaan pajak serta peningkatan pemahaman dosen untuk menjadi panitia pengadaan barang.


PROGRAM KEGIATAN

Berikut akan dijelaskan masing-masing program kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Tim A3 JTI-ITS 2006-2007

Program 1: Penguatan Citra Jurusan untuk Meningkatkan Daya Saing Lulusan, terdiri dari empat sub program yaitu: (1) penelusuran lulusan dengan tracer study, (2) sistem informasi kesempatan kerja berbasis internet, (3) media sosialisasi profil kompetensi dan produk unggulan, dan (4) basis data profil industri.Sub program pertama meliputi komponen pengadaan software yang akan selesai akhir tahun serta policy study yang direalisasikan dengan mengadakan pertemuan dengan para stakeholder JTI-ITS di industri, khususnya para alumni dengan tajuk industrial engineering back to campus 2006. Sedangkan sub program kedua baru akan direalisasikan tahun depan. Sub program ketiga dan keempat berupa komponen pengadaan peralatan kantor dan software yang juga akan selesai akhir tahun 2006.

Program 2: Peningkatan Kompetensi Dan Daya Saing Calon Lulusan, terdiri dari 3 sub program, yang masing-masing memiliki dua elemen kegiatan: Pertama , sub program peningkatan soft skills dilakukan dengan tenaga ahli untuk mendesain sistem pengembangan soft skills serta menyelenggarakan pelatihan-pelatihan soft skills yang sudah teerlaksana dengan baik. Kedua, sub program Bahasa Inggris direalisasikan dengan dukungan komponen hibah pengajaran dan pengembangan program untuk mendesain modul pembelajaran bahasa inggris serta menyelenggarakan English Club untuk menyediakan wahana mahasiswa bercakap-cakap dalam bahasa inggris. Ketiga, peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap kondisi riil industri direalisasikan dengan komponen pengembangan program melalui aktivitas-aktivitas kunjungan industri, magang mahasiswa, dan kuliah-kuliah tamu.

Program 3: Peningkatan Kompetensi Dosen dalam Memahami Kondisi Riil Industri, terdiri dari 4 sub program, yaitu: (1) magang dosen, (2) pendidikan tak bergelar untuk dosen, (3) pelatihan untuk praktisi, dan (4) pelatihan untuk staf karyawan. Program magang telah mengirimkan 2 orang dosen ke 2 industri, PT PAL dan PT Petrokimia Gresik, sedangkan pelatihan di beberapa lembaga pelatihan telah diikuti oleh 7 dosen JTI-ITS. Selain itu satu orang dosen mengikuti pelatihan tentang organizational excellence di Malaysia atas undangan Pemerintah Malaysia serta satu orang mengikuti kurikulum KBK atas undangan DIKTI. Peningkatan kompetensi dosen mengenai ilmu-ilmu praktis telah meningkatkan pula penyelenggaraan pelatihan-pelatihan untuk praktisi sehingga ada sekitar 7 pelatihan sudah dilaksanakan tahun ini. Sedangkan sub program terakhir adalah program pelatihan perpajakan dengan mengirimkan 2 orang karyawan.

Program 4: Meningkatkan Relevansi Jurusan Terhadap Kebutuhan Industri, terdiri dari 4 sub program, yaitu: (1) lokakarya kurikulum teknik industri, (2) cased/problem based learning, (3) lokakarya laboratorium, dan (4) basis data kompetensi dosen. Sub program pertama bam akan dilaksanakan tahun "depan, sedangkan sub program kedua direalisasikan dengan komponen hibah pengajaran yang akan selesai akhir tahun ini. Lokakarya laboratorium telah dilaksanakan dengan hasil restrukturisasi laboratorium berikut perencanaan strategisnya. Sedangkan sub program 4 dilaksanakan melalui komponen pengadaan software yang akan selesai akhir tahun bersamaan dengan pengdaan perangkat lunak untuk program-program sebelumnya.

Program 5: Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Penelitian Berbasis Kebutuhan Industri Yang Menghasilkan Produk Jurusan Yang Berdaya Saing, terdiri dari 5 sub program, yaitu: (1) pendidikan dosen untuk penelitian dan penulisan karya ilmiah, (2) teknologi multimedia, (3) penelitian berbasis permasalahan di industri, (4) penelitian untuk mengembangkan produk unggulan, (5) kerjasama dengan industri dalam pembimbingan TA. Sub program 1 baru akan dilaksanakan tahun depan, sedangkan sub program 2 didukung oleh komponen pengadaan peralatan yang akan selesai akhir tahum. Sub program 3 dan 4 direalisasikan dengan komponen hibah penelitian yang juga akan selesai akhir tahun ini. Sedangkan sub program 5 telah dilaksanakan dengan kerjasama yang baik antara jurusan dan industri.

 


Capaian Indikator Kinerja Utama Periode 2006-2007 :

No Indikator Kinerja Baseline Capaian Mid 2006 Capaian Akhir 2006 Target Thn 2006 Target Thn-2007 Target Thn-2008
1 Waktu Tunggu Kerja 3.25 1.88 2.61 3.10 3.0 2.9
2 % Waktu Tunggu Lulusan < 2 bulan 25% 25% 30.98% 30% 35% 40%
3 Gaji Pertama Lulusan 1.850.000 2.043.750 2.660.000 2.000.000 2.300.000 2.500.000
4 % Gaji Pertama > 2 jt 40% 40% 69.49% 50% 55% 60%
5 Nilai Rata2 TOEFL 488.26 497 497 500 510 515
6 % TOEFL > 450 84.53% 100% 100% 86% 88% 90%
7 Jumlah Publikasi Ilmiah 31 13 49 33 36 40
8 Total Kontrak Produk Unggulan (jt) 100 0 0 150 200 300
               

Capaian Indikator Kinerja Tambahan Periode 2006-2007:

No Indikator Kinerja Baseline Capaian Mid 2006 Capaian Akhir 2006 Target Thn-2006 Target Thn-2007 Target Thn-2008
1 Jumlah Kerjasama Penelitian 5 judul 6 judul 7 judul 7 judul 8 judul 9 judul
2 Nilai Kerjasama Penelitian 736,45 jt 1,240 M 1,281 M 800 jt 850 jt 900 jt
3 % Mhs yang terlacak per jurusan 30% 25% 71.71% 40% 50% 55%
4 Jumlah Pelatihan Praktisi 3 3 7 5 6 7
5 Jumlah Mhs terlibat Kerjasama Industri (magang, Co-ops) 9 8 27 14 20 25
6 Jumlah Mhs mengikuti pelatihan softskill 40 48 >100 50 60 70
7 Jumlah Kuliah tamu 6 4 8 8 10 13
8 Jumlah perusahaan melakukan rekruitmen via web 0 0 0 3 5 7
9 Jumlah Mhs Seminar/Sidang TA dalam bhs inggris 2 2 3 3 4 5
 

Sebelumnya | Kembali ke Atas | Hal Utama
@ 2006 Teknik Industri ITS - SIM ini didanai oleh program PHK A3 JTI-ITS 2006-2007 (Developed by Sevima)