Quick Links
Database Industri
Database Alumni
Tracer Study
Courseware
Forum
Search
User Survey
Download
 
 
Login
Dosen
Alumni & Calon Wisudawan
Perusahaan
Staff Adm
 
 
Prog Hibah Kompetisi A3
Umum
Hasil Kegiatan
 
 
Blogroll
Tractor Snow Blower
Trailer Parts India
Mindflex Mattel
Lowongan Kerja
 
 
Berita
selengkapnya »
 
Contact Us
Gedung Teknik Industri - ITS
Sukolilo, Surabaya
Telp : 031-5939361
Email : webmaster
Laboratorium Logistics & Supply Chain Management (LSCM)
 Ruang Baca     Lokasi   Fasilitas Lain

Sejarah Singkat

Laboratorium Logistics & Supply Chain Management, Jurusan Teknik Industri ITS didirikan pada tahun 2006. Laboratorium ini merupakan laboratorium pertama di Indonesia yang berkonsentrasi pada bidang-bidang ilmu manajemen logistik dan supply chain management. Fokus dari ilmu manajemen logistik dan Supply Chain adalah untuk menghasilkan aliran barang yang efisien dari hulu ke hilir yang ditunjang oleh aliran informasi, koordinasi, serta kolaborasi antar pelaku-pelaku bisnis mulai pemasok bahan baku sampai pelanggan akhir.

Secara historis, cikal bakal lab ini sudah mulai dirintis sejak tahun 2001 dengan nama Center for Supply Chain Management oleh Dr. Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng  yang pada tahun 2000 menyelesaikan program S3 di Lancaster University dengan penelitian yang berkonsentrasi pada supply chain modeling. Tidak berlebihan apabila dikatakan bahwa Center ini merupakan pionir kegiatan-kegiatan pengembangan SCM yang berbasiskan riset di Indonesia. Pada tahun 2001, ketika Center ini mengadakan kegiatan seminar dan berbagai pelatihan misalnya, masih sangat sedikit kalangan di Indonesia yang mengenal dan memahami konsep maupun aplikasi Supply Chain Management.

Center for Supply Chain Management yang didirikan pada saat itu banyak membantu kalangan professional memahami konsep-konsep dan best practices dari supply chain management melalui berbagai kegiatan pelatihan, baik yang dilaksanakan secara terbuka di Surabaya dan Jakarta, maupun di berbagai perusahaan dalam bentuk in-house training. Di sisi lain, kegiatan penelitian terus berjalan, yang merupakan dapur dari upaya mengungkap fenomena atau fakta baru dalam kaidah-kaidah kajian ilmiah. Perpaduan antara kajian ilmiah dengan pengalaman dari dunia industri membuat akumulasi keahlian di Center for Supply Chain Management tidak hanya relevan terhadap kebutuhan industri, namun juga berbasis pada keilmuan.

Dalam beberapa tahun sejak tahun 2000, kebutuhan akan pengetahuan SCM di Indonesia tampaknya tumbuh pesat. Berbagai perusahaan meminta alumni yang memahami SCM. Di sisi lain, di Jurusan Teknik Industri kuliah Supply Chain Management mulai ditawarkan sebagai kuliah pilihan dan topik-topik tugas akhir / tesis tentang SCM mulai banyak dikerjakan. Sejak tahun 2006, dengan kembalinya Dr (Eng). Ir. Ahmad Rusdiansyah dari tugas belajar di Jepang serta adanya kebutuhan untuk membuat wadah yang lebih formal, dibentuklah Laboratorium Logistics & Supply Chain Management ini.

 Visi

Menjadi laboratorium Logistics & SCM yang terkemuka di Asia Pasifik dan memiliki peran pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat secara berkeseimbangan

 Misi

Lab Logistics & Supply Chain Management memiliki 3 misi berikut:

  • Mendukung kegiatan belajar mengajar pada kuliah-kuliah yang terkait dengan SCM dan Logistik
  • Menghasilkan penelitian-penelitian yang berkualitas tinggi yang memiliki kontribusi terhadap ilmu pengetahuan maupun praktis
  • Menghasilkan produk maupun jasa yang bisa bermanfaat bagi kalangan industri

 Target Jangka Panjang

Berikut ini adalah target-target yang ingin dicapai dalam jangka 3 – 5 tahun sejak Lab ini didirikan pada akhir tahun 2006:

  • Dalam 3 tahun, setiap anggota lab bisa mempublikasikan minimal 1 makalah per tahun yang dihasilkan dari penelitian pada konferensi / jurnal internasional
  • Dalam 3 tahun, lab diharapkan bisa menghasilkan cukup revenue untuk membantu mengirim anggota lab mengikuti konferensi internasional atau kegiatan lain yang relevan
  • Dalam 5 tahun, lab LSCM cukup dikenal di tingkat internasional yang dibuktikan dengan peran anggotanya dalam menghasilkan karya-karya yang dirujuk peneliti internasional dan melakukan proses review makalah atas undangan editor jurnal internasional.
  • Dalam 2 tahun, ada minimal 2 produk unggulan lab yang digunakan di dunia industri
  • Dalam 5 tahun, sebagian alumni lab (yang pernah menjadi asisten maupun yang mengambil TA/tesis berkaitan dengan lab) turut membantu pengembangan lab secara signifikan.

 Aktivitas

Penelitian dan Publikasi

Sejak awal, lab ini ingin memiliki fungsi utama dalam penelitian. Penelitian adalah pilar yang sangat penting dalam pengembangan keilmuan yang pada akhirnya bisa digunakan dalam meningkatkan pemahaman serta implementasi konsep di dunia nyata. Lab ini bertujuan untuk terdepan dalam bidang riset sehingga hasil-hasilnya bisa termanfaatkan dalam dunia industri serta memberikan kontribusi keilmuan yang signifikan, yang dibuktikan dengan publikasi di jurnal internasional. Dalam perkembangannya, anggota lab sudah menunjukan perkembangan yang sangat menjanjikan pada bidang ini. Dari sisi penelitian, berikut adalah contoh-contoh penelitian yang dilakukan oleh satu atau lebih anggota lab serta sumber dananya:

  • Bullwhip effect pada supply chain (2001), didanai Program Due-Like
  • Supply Chain Flexibility (2002), didanai Program Due-Like
  • Augmentation quantity in order sizes under uncertain demand (2004-2007), sebagian didanai Research Council of Canada
  • Manajemen kualitas dalam konteks supply chain (2005), didanai Program PPJ
  • Supply Chain Management untuk Disaster Relief Operations (2006), Didanai DIPA
  • Pengembangan Model Simulator Pembelajaran Optimization Game untuk permasalahan Logistik dan Distribusi (2006), didanai Program A3
  • Survey schedule instability industri manufaktur di Hong Kong (2006), kerjasama internasional
  • Perancangan Model Perangkat Lunak untuk Menyelesaikan Vehicle Routing Problem with Loading Constraints (VRPLC) (2006), didanai Program A3
  • Perancangan Prototipe Perangkat Lunak Untuk Pengelolaan “Inter-Office Mail Courier System” (2007), didanai DIPA
  • Simulasi supply chain management pisang di Jawa Timur (2007), didanai DIPA

Dari sisi publikasi ilmiah, Lab Logistics & SCM akan mendorong setiap anggotanya untuk melakukan publikasi ilmiah di jurnal internasional. Selama ini anggota lab sudah berhasil mempublikasikan hasil-hasil penelitian di berbagai jurnal internasional, beberapa diantaranya adalah jurnal internasional dengan reputasi tinggi, seperti:

  • European Journal of Operational Research
  • International Journal of Productio Economics
  • International Journal of Operations and Quantitative Management
  • The Japan Society of Mechanical Engineers (JSME) International Journal Series C
  • Production Planning & Control
  • Journal of Food Engineering
  • International Journal of Integrated Supply Management
  • International Journal of Logistics Systems & Management
  • International Journal of Inventory Research
  • Journal of Japan Industrial Management Association

Keterlibatan pada Konferensi Internasional

Lab L & SCM juga mendorong anggotanya untuk aktif dalam berbagai pertemuan ilmiah secara internasional, bukan hanya sebagai peserta, tetapi juga sebagai penyaji makalah, bahkan juga sebagai panitia. Pada tahun 2005 Jurusan Teknik Industri ITS berhasil menyelenggarakan konferensi internasional dengan sangat sukses di Nusa Dua, Bali yang menghadirkan 170 peserta dari lebih dari 25 negara. Pada bulan Mei 2007, konferensi ini diselenggarakan di Bangkok dengan tuan rumah The University of Thai Chamber of Commerce. Tiga dari anggota Lab L & SCM, yakni Dr. Nyoman Pujawan, Dr. Ahmad Rusdiansyah, dan Iwan Vanany, ST., MT., mempresentasikan 6 makalah pada konferensi tersebut. Di samping itu, anggota Lab L & SCM dalam beberapa tahun terakhir ini juga melakukan presentasi di berbagai konferensi internasional di Australia, Korea, Jepang, dan China.

  Peserta 1st OSCM Conference di Nusa Dua, Bali berfoto bersama setelah acara penutupan

  Delegasi Lab L & SCM dan delegasi Indonesia lain di 2nd  OSCM Conference di Bangkok

Gathering

Sejak didirikan pada tahun 2006, Lab Logistics & SCM secara rutin mengadakan acara gathering bersama praktisi. Acara ini dilakukan untuk mempererat kontak antara dunia industri (praktis) dengan dunia akademisi. Pada acara ini biasanya ada pembicara dari kalangan praktisi maupun akademisi yang diselingi dengan makan siang dan ramah tamah. Acara ini akan berlangsung tiap sekitar 3 atau 4 bulan sekali.
 

Acara gathering pertama diadakan di Banana Leaf Restaurant

 

Penerbitan Newsletter

Sejak tahun 2007, Lab Logistics & SCM juga menerbitkan Newsletter yang berisi informasi-informasi terkini, seperti berita aktivitas, berita publikasi, agenda kegiatan ke depan, dan sebagainya. Pada setiap Newsletter juga dimuat sejumlah artikel tentang ilmu-ilmu manajemen logistik & SCM. Edisi perdana telah terbit pada bulan Maret 2007. Newsletter ini diedarkan ke semua associate member dari Lab. Penerbitan Newsletter ini secara operasional dikerjakan oleh para asisten Lab. Untuk menjadi associate member, silakan e-mail ke labscm@gmail.com. Di bawah ini adalah Newsletter yang bisa anda akses (dipasang estela diterbitkan lebih dari 2 bulan). Untuk mendapatkan yang up-to-date, anda perlu menjadi asóciate member:

  • Newsletter Edisi Pertama
  • Newsletter Edisi Kedua

Pelatihan

Kegiatan pelatihan sudah rutin dilaksanakan sejak tahun 2001. Beberapa modul yang pernah yang dimiliki adalah:

  • Understanding and Assessing Supply Chain Capabilities
  • Essentials of Supply Chain Management
  • Auditing Supply Chain Performance
  • Modern Purchasing Management
  • Strategic Procurement Management
  • Inventory Management
  • Warehousing Management 

    Pelatihan Strategic Procurement di Hotel Menara Peninsula, Jakarta

    Pelatihan Essentials of Supply Chain Management di Surabaya

Berbagai perusahaan telah mengirimkan staff mereka pada berbagai pelatihan yang dilaksanakan oleh Lab ini (sejak masih bernama Center). Diantaranya adalah

  • PT. Matsushita Lighting Indonesia
  • PT. Samudera Combined Logistics
  • PT. Otsuka Indonesia
  • PT. Philips Morris Indonesia
  • PT. Federal Izumi Manufacturing
  • PT. Proquman
  • PT. Puteri Gelora Jaya
  • PT. Van Melle Indonesia
  • PT. Semen Gresik
  • PT. Tjiwi Kimia
  • PT. Crossfield Indonesia
  • PT. Barata Indonesia
  • PT. Central Windu Sejati
  • PT. Pelayaran Meratus
  • PT. Widharta Bhakti
  • PT. Telkomsel
  • PT. Guntner Indonesia
  • PT. Tesori Mulia
  • PT. Heinz Suprama
  • PT. Hartono Wira Tanik
  • PT. Alstom Power Energy System
  • UNPAD
  • STT Telkom
  • PT. Sampoerna Percetakan Nusantara
  • PT. Petro Kimia
  • PT. INKA
  • PT. Komaratim
  • PT. Bogasari Flour Mills
  • PT. H. M. Sampoerna
  • PT. Philips Ralin Electronics
  • PT. Ecco Indonesia
  • Univ. Widya Mandala
  • PT. Heinz ABC
  • PT. Wings Surya
  • PT. Charoen Pokphand Indonesia
  • PT. Nippon Indosari Corporation (Sari Roti)
  • PT. Anugrah Argon Medica
  • PT. Sayap Mas Utama
  • PT. Indonesia Power
  • PT. Sara Lee Indonesia
  • PT. Chiyoda
  • PT. Indonesia Multi Colour Printing
  • PT. Schulman Plastics
  • PT. Lawangmas Primapack Indonesia
  • PT. SUD-CHEMIE Indonesia
  • PT. Topindo
  • PT. Astra Honda Motor
  • PT. SIOEN Indonesia
  • PT. Pupuk Kaltim
  • PT. Badak LNG
  • PT. Amazon Papyrus
  • PT. Medco Energy
  • PT. Dumas Tanjung Perak Shipyard
  • PT. Cakra Jawala
  • dll.

Peran mahasiswa

Kegiatan lab secara operasional banyak dilakukan oleh asisten lab yang terdiri dari mahasiswa S2 dan S1. Asisten di lab L&SCM didorong untuk kreatif serta berinteraksi secara dekat dengan para dosen yang berasosiasi pada lab ini. Asisten Lab ini juga biasanya melakukan penelitian untuk tesis S2 dan tugas akhir S1 pada bidang manajemen logistik / supply chain management.

Kontak

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang Lab Logistics & Supply Chain Management, silakan kontak:

Dr. Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng

Ketua Lab

E-mail: pujawan@ie.its.ac.id atau labscm@gmail.com

 
Dosen-dosen di laboratorium ini:
 
. Imam Baihaqi, S.T., M.Sc. Dr.
. Niniet Indah Arvitrida, ST. MT
. Iwan Vanany, S.T., M.T., Ph.D
. I Nyoman Pujawan, Ir., M.Eng., Ph.D., Prof.
. Ahmad Rusdiansyah, Ir., M.Eng., Dr.Eng.

Jurnal-jurnal untuk laboratorium ini
 
. Pujawan, I N., Smart, A. U.
Factors affecting schedule instability in manufacturing companies.. 50. International Journal of Production Research 50 (8), 2252-2266. 2012
. Pujawan, I N., Geraldin, L. H.
House of Risk: A Model for Proactive Supply Chain Risk Management. 15. Business Process Management Journal . 2009
[...]
. Pujawan, I N., Kurniati, N., and Wessiani, N.
Supply Chain Management for Disaster Relief Operations: Principles and Case Studies.. 5. International Journal of Logistics Systems and Management 5(6), pp. 679 - 692.. 2009
[...]
. 13. Pujawan, I N. and Silver, E. A.
Augmenting the lot sizing order quantity when demand is probabilistic.. 188. European Journal of Operational Research 188 (3), pp. 705-722.. 2008
[...]
. Piplani, R., Pujawan, I N., and Ray, S.
Sustainable supply chain management. 111. International Journal of Production Economics 111 (2), pp. 193 - 194.. 2008
[...]
. Pujawan, I N.
Schedule nervousness in a manufacturing system: A case study. . 15. Production Planning and Control 15 (5), pp. 515 - 524.. 2005
[...]
. Pujawan, I N.
Assessing supply chain flexibility: A conceptual framework and case study. 1. International Journal of Integrated Supply Management . 2004
[...]
. Pujawan, I N.
The effect of lot sizing rules on order variability. 159. European Journal of Operational Research 159 (3), pp. 617-635. . 2004
[...]
. Pujawan, I N., Kingsman, B., G.
Properties of lot sizing rules under lumpy demand. 81-82. International Journal of Production Economics 81-82, 295-307.. 2003
[...]
. Pujawan, I N., Kingsman, B., G.
Joint Optimisation and Timing Synchronisation in a Buyer Supplier Inventory System. 8. International Journal of Operations and Quantitative Management 8 (2), pp. 93 - 109.. 2002
[...]


Sebelumnya | Kembali ke Atas | Hal Utama
@ 2006 Teknik Industri ITS - SIM ini didanai oleh program PHK A3 JTI-ITS 2006-2007 (Developed by Sevima)