Quick Links
Database Industri
Database Alumni
Tracer Study
Courseware
Forum
Search
User Survey
Download
 
 
Login
Dosen
Alumni & Calon Wisudawan
Perusahaan
Staff Adm
 
 
Prog Hibah Kompetisi A3
Umum
Hasil Kegiatan
 
 
Blogroll
Tractor Snow Blower
Trailer Parts India
Mindflex Mattel
Lowongan Kerja
 
 
Berita
selengkapnya »
 
Contact Us
Gedung Teknik Industri - ITS
Sukolilo, Surabaya
Telp : 031-5939361
Email : webmaster

Panduan Kerja Praktek 2010

Perubahan metode pembelajaran dari pendekatan berbasis materi menuju pendekatan berbasis kompetensi mewarnai perubahan kurikulum Jurusan Teknik Industri (JTI) yang diberlakukan untuk periode akademik 2009 - 2014. Dalamkurikulum JTI 2009 - 2014 terdapat 3 kelompok kompetensi yang ingin diberikan kepada seluruh mahasiswa yaitu kelompok Kompetensi Utama (KU), kelompok Kompetensi Pendukung (KP), dan kelompok Kompetensi Lainnya (KL).

Kelompok Kompetensi Utama (KU) merupakan penciri utama dari lulusan Teknik Industri. Kelompok Kompetensi Utama ini meliputi :
  1. Keterampilan analitis
  2. Keterampilan sintesis, integrasi, dan perancangan
  3. Keterampilan manajerial
  4. Keterampilan memecahkan masalah
Kelompok kedua, adalah kelompok Kompetensi Pendukung, berisi soft skills yang sangat diperlukan untuk dapat mengimplementasikan kelompok Kompetensi Utama. Kompetensi yang termasuk dalam kelompok ini adalah :
  1. Intrapersonal & communication skills
  2. Keterampilan memanfaatkan teknologi informasi
  3. Penguasaan Bahasa Inggris dan/atau bahasa asing lainnya
Kelompok ketiga adalah kelompok Kompetensi Lainnya. Kelompok kompetensi ini diharapkan akan menjadi pelengkap kompetensi lulusan JTI. Yang termasuk dalam kelompok kompetensi ini adalah :
  1. Kemampuan mengakomodasikan isu lingkungan & keberlanjutan
  2. Kemampuan berinovasi
Kerja Praktek (KP) yang merupakan salah satu mata kuliah berbobot 2 SKS pada kurikulum JTI diarahkan untuk memperkenalkan mahasiswa pada bidang keahlian Tknik Industri dan melatih mahasiswa mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh seorang sarjana Teknik Industri di suatu perusahaan. Pengetahuan dan keterampilan ini juga akan digunakan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa untuk memahami bidang keilmuan Teknik Industri secara lebih riil.

Seorang sarjana teknik tidak boleh hanya berhenti pada penguasaan pengetahuan keteknikan (engineering) saja. Keterampilan untuk dapat melaksanakan pekerjaan-pekerjaan keteknikan juga mutlak dibutuhkan oleh seorang sarjana teknik, demikian pula dengan sarjana Teknik Industri. Untuk itu, JTI perlu memfasilitasi mahasiswa agar dapat mengenal fungsi-fungsi keteknik-industrian dan memperoleh kesempatan untuk terjun langsung dalam melakukan fungsi-fungsi tersebut. KP dimaksudkan sebagai salah satu media untuk memfasilitasi kebutuhan tersebut.

Secara umum tujuan KP adalah untuk membantu tercapainya Kompetensi Utama dan Kompetensi Pendukung kurikulum JTI. Secara lebih rinci tujuan KP adalah :
  1. Agar mahasiswa memahami fungsi-fungsi keteknik-industrian.
  2. Agar mahasiswa memiliki pengalaman melaksanakan atau terlibat dalam fungsi-fungsi keteknik-industrian.
  3. Agar mahasiswa terampil berkomunikasi dan bekerja dalam tim di dunia kerja.
  4. Agar mahasiswa terampil menyusun laporan kegiatan yang kaya muatan namun ringkas, komunikatif, dan sistematis sesuai dengan konten pelaksanaan kegiatan.
  5. Agar mahasiswa terampil mengkomunikasikan dan mempresentasikan hasil pelaksanaan kegiatan secara lisan kepada Pembimbing Internal maupun eksternal.

Untuk lebih jelas silahkan Download panduan detail Kerja Praktek (Prosedur, Form-Form).




Sebelumnya | Kembali ke Atas | Hal Utama
@ 2006 Teknik Industri ITS - SIM ini didanai oleh program PHK A3 JTI-ITS 2006-2007 (Developed by Sevima)