Quick Links
Database Industri
Database Alumni
Tracer Study
Courseware
Forum
Search
User Survey
Download
 
 
Login
Dosen
Alumni & Calon Wisudawan
Perusahaan
Staff Adm
 
 
Prog Hibah Kompetisi A3
Umum
Hasil Kegiatan
 
 
Blogroll
Tractor Snow Blower
Trailer Parts India
Mindflex Mattel
Lowongan Kerja
 
 
Berita
selengkapnya »
 
Contact Us
Gedung Teknik Industri - ITS
Sukolilo, Surabaya
Telp : 031-5939361
Email : webmaster
Career Path (Dunia Kerja)
 Tracer Study    Career Path    Vacancy and Job Seeker

Memasuki Dunia Kerja
 

Dunia kerja para alumni Jurusan Teknik Industri ITS meliputi sejumlah lapangan pekerjaan diberbagai macam sector pekerjaan, secara garis besar meliputi :

- Instansi Pemerintah pusat dan dareah diberbagai departemen terkait ;

- Pendidikan, sebagai dosen di berbagai Perguruan Tinggi Negeri ataupun Swasta ;

- Sektor Swasta, seperti :

 

Industri manufaktur, minyak, semen, kertas, otomotif, dll ;

 

Konsultan jasa dan perbankan ;

 

Kontraktor engineering dan jasa, dll.



Surat Lamaran Pekerjaan
 

Tujuan surat lamaran adalah menawarkan dan menyatakan minat pelamar untuk bergabung dengan suatu perusahaan atau organisasi. Jadi surat lamaran adalah gerbang perkenalan pertama antara pelamar dengan perusahaan. Sehingga harus dipersiapkan dengan cermat dan akurat agar mempunyai daya saing yang tinggi serta ditujukan pada sasaran yang tepat. Surat lamaran yang dipersiapkan dengan baik dan terencana akan memberikan kesan yang positif.

Isi surat lamaran haruslah mencerminkan diri pelamar, seperti gambaran mengenai kemampuan, motivasi, kepribadian dan informasi yang berkaitan dengan posisi yang diinginkan atau ditawarkan . Surat lamaran harus dibuat berdasarkan fakta yang dapat dibuktikan. Cantumkan jenis pekerjaan yang diinginkan atau diminati dan latar belakang atau alasan memilih jenis pekerjaan tersebut, kualifikasi pelamar (pendidikan, pengalaman kerja/organisasi, ketrampilan, prestasi, penghargaan), dll.

Surat lamaran harus dibuat dalam bentuk yang sistematis, rapi, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, ringkas dan padat, akurat serta terarah pada satu titik sasaran. Sedapat mungkin surat lamaran hanya dibuat dalam satu lembar dan dengan format pembuka, isi dan penutup. Gunakan kata kerja yang aktif, kalimat / paragraf yang pendek. Bentuk dan bahasa surat lamaran harus disesuaikan dengan perusahaan atau organisasi yang dituju. Misalnya menggunakan bahasa Inggris dan diketik untuk perusahaan asing, bahasa Indonesia dan ditulis tangan untuk instansi pemerintah. Suratl amaran harus dibuat sendiri oleh pelamar dan asli (bukan photo-copy).

Riwayat hidup adalah data mengenai pelamar yang dituliskan secara rinci. Pada umumnya data yang dicantumkan adalah data pribadi, pendidikan, pengalaman, kualifikasi, prestasi, referensi dan hal lain yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar. Gunakan kara kerja dalam menjelaskan pengelaman, prestasi dan hasil yang pernah dicapai. Format di bawah ini adalah contoh riwayat hidup yang dapat dirangkum hanya dalam satu halaman:

Nama lengkap, alamat dan no. telpon (pada bagian atas kertas)

Tujuan karir

Kualifikasi khusus

 

Ketrampilan

 

Kemampuan

Prestasi dan penghargaan

Pengalaman organisasi dan kerja (apabila ada)

 

Nama organisasi atau perusahaan

Jabatan dan tanggung jawab utama Pendidikan (mulai dari yang terakhir)

 

Formal

 

Non formal

Keanggotaan profesi

Referensi

 

Nama dan jabatan

 

Telpon atau alamat

Tanggal siap bekerja

Data pribadi

   

Tempat dan tanggal lahir

   

Status perkawinan

   

Kewarganegaraan

   

Hobby

   

Hobby Gambaran diri (self image)



Interview Pekerjaan
 

Sebelum menghadiri wawancara / interview pekerjaan, sebaiknya kita mencari tahu terlebih dahulu seluk beluk perusahaan yang bersangkutan. Pada umumnya perusahaan-perusahaan mempunyai brosur yang dapat memberikan gambaran jelas mengenai perusahaan tersebut. Dapatkanlah materi tersebut atau hadiri presentasi perusahaan-perusahaan yang diadakan di kampus dan simak isinya dengan baik.

Tujuan wawancara adalah saling tukar informasi yang diperlukan oleh pihak perusahaan dan pelamar mengenai kpekerjaan yang dilamar atau ditawarkan dan hal-hal lain yang relevan. Pewawancara ingin mengetahui kita lebih dari apa yang tertera dalam data pribadi kita yang tertulis. Bagaimana motivasi kita ? Apakah tujuan karir? Apakah kita dapat bekerja dalam tekanan yang mungkin timbul dalam pekerjaan tersebut ? Apakah nilai akademis kita mencerminkan diri kita ? dan lain sebagainya. Usahakan setenang mungkin dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dan memberikan keterangan sehingga informasi yang diberikan akan teratur dan terarah

Ketika sedang interview , kita bukan sedang di-interogasi. Wawancara harus berjalan dua arah. Gunakanlah saat wawancara untuk mendapatkan informasi yang kita ingin ketahui sebanyaj mungkin, sehingga kita bisa mendapatkan gambaran mengenai perusahaan, pekerjaan, karir, gaji dan tunjangan serta sistem manajemen secara jelas dan bisa menentukan apakah perusahaan tersebut sesuai dengan apa yang kita inginkan. Apakah ada kesempatan untuk pelatihan dan pengembangan ? Tolak ukur apa yang digunakan untuk promosi dan kenaikan pendapatan ? Apakah perusahaan melakukan promosi dari dalam ? Apakah tugas pekerjaan yang tersedia cukup menantang ? Bagaimana dengan kemungkinan lokasi dan penugasan ke luar kota ? Apakah kita akan bekerja sendiri dalam menhalankan tugas dan tanggung jawab akan bekerja dalam satu tim ? Jenis teknologi apa yang akan digunakan untuk bekerja ? Bagaimana dengan kesempatan untuk rotasi kerja dalam perusahaan ? Jalur karir apa saja yang tersedia dalam perusahaan tersebut ?

Cakupan profesi sarjana teknik industri sangat luas, baik sebagai engineer, perencana, sistem analis , manajer, pengusaha serta bankir serta peneliti staf pengajar. Dan kini alumni teknik industri ITS telah tersebar di dalam dan luar negeri. Bekerja di instansi pemerintahan dan swasta sebagai tenaga ahli teknik, manajerial analis sistem, perencanaan produksi. perbankan, teknologi informasi. dll. Antara lain :

PT. Pertamina.

PT. Telkom

PT. Indosat

PT. Telkomsel

PT. PLN

PT. Caltex Pasific

Schlumberger

Exxon Mobile Co.

PT. Petrokimia Gresik

PT. Semen Gresik

PT. Freeport PT. Unilever

PT. Astra International

PT. Toyota Astra Motor

PT. Philips Indonesia

PT. LG Electronics

Bank Indonesia

Bank Mandiri

Bank BNI

Bank BRI

Bank Niaga

Bank Danamon Dll.



Sebelumnya | Kembali ke Atas | Hal Utama
@ 2006 Teknik Industri ITS - SIM ini didanai oleh program PHK A3 JTI-ITS 2006-2007 (Developed by Sevima)