Quick Links
Database Industri
Database Alumni
Tracer Study
Courseware
Forum
Search
User Survey
Download
 
 
Login
Dosen
Alumni & Calon Wisudawan
Perusahaan
Staff Adm
 
 
Prog Hibah Kompetisi A3
Umum
Hasil Kegiatan
 
 
Blogroll
Tractor Snow Blower
Trailer Parts India
Mindflex Mattel
Lowongan Kerja
 
 
Berita
selengkapnya »
 
Contact Us
Gedung Teknik Industri - ITS
Sukolilo, Surabaya
Telp : 031-5939361
Email : webmaster
Ruang Baca Teknik Industri
 Ruang Baca     Lokasi   Fasilitas Lain

Jurusan Teknik Industri mempunyai perpustakaan khusus Jurusan yang lebih dikenal dengan Ruang Baca Teknik Industri (RBTI). Dengan luas ruangan sebesar 70m2, Ruang Baca Teknik Industri dapat menampung lebih dari 2967 judul atau 3574 kopi bahan pustaka yang terdiri dari buku teks, jurnal, laporan tugas akhir, laporan kerja praktek, thesis, majalah, buku referensi, dan CD-ROM. RBTI setiap tahunnya senantiasa memperbaharui koleksinya sehingga prosentase bahan pustaka terbaru (1-2 tahun terakhir) yang dimiliki cukup besar yaitu 18%, sedangkan 36% bahan pustaka yang dimiliki diterbitkan dalam rentang 3-5 tahun terakhir.

Kelancaran pelayanan Ruang Baca Teknik Industri didukung oleh 3 buah komputer, dimana 1 komputer dialokasikan untuk petugas perpustakaan sedangkan sisanya dialokasikan untuk OPAC (Online Public Access Catalog) para pengunjung melalui web site RBTI. Selain itu scanner dan mesin fotocopy juga disediakan dalam rangka memudahkan para pengunjung apabila ingin menggandakan bahan pustaka yang terdapat di RBTI.

Ruang Baca Teknik Industri memberikan beberapa jenis layanan untuk pengunjung dimana waktu pelayanan mulai hari Senin sampai dengan Jumat dari jam 08.00-14.00 dan 17.00-20.00 yaitu sebagai berikut :

Layanan Sirkulasi

Layanan peminjaman, pengembalian, perpanjangan, dan pemesanan koleksi buku di Ruang Baca khusus bagi mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS dengan ketentuan batas peminjaman sebanyak 2 buku dengan lama peminjaman 3 hari kerja (untuk mahasiswa S-1 reguler), atau 4 hari kerja (untuk mahasiswa S-2 atau mahasiswa S-1 ekstensi).

 

Layanan Tugas Akhir / Tesis

Tersedia Tugas Akhir mahasiswa S-1 Teknik Industri ITS, serta Tesis mahasiswa pasca sarjana Teknik Industri ITS. Untuk koleksi jenis ini tidak diperkenankan untuk digandakan dan hanya untuk dibaca di tempat.

Layanan Tugas Akhir ini menggunakan sistem tertutup dimana pengunjung apabila ingin mempergunakan harus melalui petugas ruang baca untuk melayaninya.

 

Layanan Referensi, Majalah,Kerja Praktek, Jurnal, dan Proceeding

Layanan ini hanya baca di tempat dan boleh di fotocopy dengan batas waktu 3 jam bagi mahasiswa S1 dan S2.

 

Layanan CD

Layanan CD boleh dipinjam dengan batas waktu 1 hari untuk 1 CD dengan menahan kartu anggota RBTI.

 

Layanan foto copy

RBTI Menyediakan layanan foto copy melalui petugas Ruang Baca untuk buku-buku umum, majalah, jurnal, laporan Kerja Praktek.

Untuk membantu kelancaran pelayanan terhadap pengunjung (baik anggota maupun non anggota RBTI), maka dialokasikan 2 buah komputer yang terhubung dengan web site (OPAC) RBTI di http://rbti.ie.its-sby.edu sehingga para pengunjung dapat melakukan penelusuran koleksi RBTI sendiri (swalayan) atau fasilitas yang lainnya (khusus anggota RBTI) tanpa harus melalui petugas perpustakaan. Namun apabila terdapat kesulitan, para petugas perpustakaan memberi bantuan.

Secara umum, jumlah transaksi bulanan yang terjadi di Ruang Baca Teknik Industri mulai Agustus 2002 sampai dengan Juli 2003 adalah berkisar 751 sampai dengan 2695 buah untuk seluruh bahan pustaka, dimana transaksi terbesar terjadi pada laporan tugas akhir sebesar 56,5% diikuti oleh buku teks (26.8%), thesis (8.2%), laporan KP (3.3%), dan jurnal (2.9%). Dari data ini dapat dilihat bahwa kebutuhan terbesar pengunjung RBTI adalah laporan TA dan buku teks dimana hal ini telah dicoba untuk dipenuhi oleh RBTI dengan menyediakan koleksi bahan pustaka yang sebagian besar merupakan buku teks sebesar 38% dan laporan TA sebesar 32%, sedangkan untuk prosentase jenis bahan pustaka yang lainnya kurang dari 10%. Walaupun transaksi untuk laporan TA cukup besar (lebih dari 50%), namun hal ini tetap dapat diakomodir oleh jumlah koleksi TA (hanya 32%) yang dimiliki oleh RBTI karena khusus untuk laporan TA tidak dapat dipinjam hanya diperkenankan untuk dibaca di RBTI dalam jangka waktu satu tahun (mulai Agustus 2002 sampai dengan Juli 2003).

 

Sebelumnya | Kembali ke Atas | Hal Utama
@ 2006 Teknik Industri ITS - SIM ini didanai oleh program PHK A3 JTI-ITS 2006-2007 (Developed by Sevima)