Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Model Bisnis Agrowisata Sebagai Upaya Peningkatan Potensi Desa Wisata (Studi Kasus: Desa Punten, Kota Batu)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Model Bisnis Agrowisata Sebagai Upaya Peningkatan Potensi Desa Wisata (Studi Kasus: Desa Punten, Kota Batu)
Edition
Call Number 2018/21
ISBN/ISSN
Author(s) Hanggara, Fuad Dwi
Subject(s) Tourism
Agrowisata Desa Punten
Classification 338.47 Han p
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2018
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Pembangunan kepariwisataan pada umumnya diarahkan sebagai sektor andalan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, peningkatan pendapatan daerah, memberdayakan perekonomian masyarakat, memperluas lapangan kerja dan kesempatan berusaha, serta meningkatkan pengenalan dan pemasaran produk dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masayarakat. Pengembangan kawasan wisata harus merupakan pengembangan yang terencana secara menyeluruh sehingga dapat diperoleh manfaat yang optimal bagi masyarakat. Salah satu pendekatan yang bisa digunakan dalam membuat model bisnis dalam pengembangan pariwisata adalah menggunakan Triple Layered Business Model Canvas (TLBMC) yang memperluas kanvas model bisnis asli dengan menambahkan dua lapisan: lapisan lingkungan berdasarkan perspektif siklus hidup dan lapisan sosial berdasarkan perspektif stakeholder. Model kanvas ini mendukung pengembangan beserta komunikasi yang lebih menyeluruh dan terpadu, model bisnis yang juga mendukung inovasi kreatif menuju model bisnis yang lebih berkelanjutan. Sektor pariwisata pada Desa Punten menjadi objek pengamatan dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk membuat pemodelan bisnis yang baru dengan melihat kondisi ekonomi, lingkungan dan sosial dengan pendekatan Triple Layered Business Model Canvas (TLBMC). Model bisnis ini juga didukung dengan analisa SWOT dalam mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis dan alat yang memungkinkan para penyusun sttrategi mengevaluasi alternatif strategi secara objektif, berdasarkan faktor-faktor keberhasilan penting eksternal dan internal yang diidentifikasi sebelumnya. Tujuan penelitian diharapkan dalam usaha pengembangan bisnis sektor pariwisata selain dalam pembuatan model bisnis yang baru yang akan membentuk sistem bisnis yang jelas dan memberikan hasil yang diharapkan, dapat juga merumuskan strategi bisnis pada sektor pariwisata tersebut berdasarkan analisa yang telah dilakukan.
Specific Detail Info Tourism; Agrowisata Desa Punten
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. I Ketut Gunarta, MT
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous