Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Indikator Sustainable Urban Water Management (SUWM) Indeks di Kota Surabaya
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Indikator Sustainable Urban Water Management (SUWM) Indeks di Kota Surabaya
Edition
Call Number 2018/13
ISBN/ISSN
Author(s) Putri, Puspa Dewi Komalasari Kristyowati Sukrisno
Subject(s) Sustainable Urban Water Management (SUWM
Water Stress Index (WSI)
Water Sensitive City (WSC)
Classification 658.56 Put p
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2018
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Air merupakan kunci bagi kehidupan seluruh makhluk hidup. Ketersediaan air yang memadai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, penanganan banjir, pengelolaan air limbah, serta penggunaan air sebagai sumber rekreasi masyarakat merupakan hal-hal yang harus dipenuhi dari sebuah kota. Untuk itu dibutuhkan suatu indeks yang dapat digunakan untuk mengukur keberlanjutan pengelolaan air di daerah urban. Indeks tersebut dapat digunakan untuk membandingkan performansi pengelolaan air satu kota dengan kota lainnya, satu kecamatan dengan kecamatan lainnya. Penelitian sebelumnya mengenai Water Stress Index (WSI) tidak mengukur pengelolaan air di daerah air secara komprehensif dan dan Water Sensitive City (WSC) sudah secara komprehensif namun tidak cocok diterapkan di Indonesia oleh karena itu penelitian ini mengembangkan suatu model pengelolaan urban water sustainable dan mengaplikasikannya di beberapa wilayah di Kota Surabaya.
Dalam penelitian ini, metode Expertise Based Ranking of Experts digunakan untuk menentukan expert yang digunakan dalam memberikan penilaian untuk metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dimana telah diimplementasikan untuk penyusunan bobot masing-masing elemen di dalam indeks. Pengumpulan data secara komprehensif yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Kota Surabaya memiliki indeks dengan nilai tertinggi pada tahapan Water Supply City yaitu 0.930 dan nilai terendah yaitu pada tahapan Water Sensitive City yaitu 0.155. Sementara itu di daerah uji coba pada skala kecamatan yaitu Kecamatan Rungkut merupakan kecamatan dengan indeks terbaik dengan nilai 2.520 dan Kecamatan Mulyorejo merupakan kecamatan dengan indeks terburuk dengan nilai 2.143.
Specific Detail Info Sustainable Urban Water Management (SUWM), Water Stress Index (WSI), Water Sensitive City (WSC), Expertise Based Ranking of Expert, dan Analytical Hierarchy Process (AHP).
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Maria Anityasari, ST., ME., Ph.D.;Dr. Ir. Bambang Syairudin, MT
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous