Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan TAM (Technology Acceptence Model) dalam Penggunaan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dengan Pendekatan Socio-Technology (Studi Kasus: RSUD Dr. M. Soewandhi Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan TAM (Technology Acceptence Model) dalam Penggunaan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dengan Pendekatan Socio-Technology (Studi Kasus: RSUD Dr. M. Soewandhi Surabaya)
Edition
Call Number 2016/48
ISBN/ISSN
Author(s) Pramanda, Ryan
Subject(s) INFORMATION TECHNOLOGY
SEM
Medicals
Classification 004 Pra p
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2016
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Teknologi mengalami perkembangan yang semakin pesat, salah satunya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Meningkatnya perkembangan TIK telah mempengaruhi perubahan pada kehidupan sosial yang sejalan dalam penggunaan teknologi. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengembangkan TAM (Technology Acceptence Model) dengan menambahkan faktor sosial (budaya organisasi dan struktur kewenangan), agar dapat diketahui pengaruh sosial terhadap penggunaan TIK.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan explanatory research yaitu penelitian yang bertujuan menjelaskan hubungan kausal antara variabel melalui pengujian hipotesis dengan mengambil studi kasus RSUD. dr. M. Soewandhi yang merupakan rumah sakit rujukan yang telah menggunakan TIK selama 3 (tiga) tahun.
Instrumen untuk mengukur adalah menggunakan kuesioner, responden yang terlibat dalam penelitian ini yaitu 135 para medik. Pengolahan data kuesioner dilakukan dengan menggunakan perhitungan Structural Equation Modelling (SEM) dibantu dengan software Lisrel. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa para medik dapat menerima TIK karena adanya manfaat dan kemudahan saat menggunakan TIK. Sedangkan faktor sosial yang meliputi budaya organisasi mempengaruhi persepsi kemudahan dan penggunaan aktual TIK oleh para medik. Sedangkan struktur kewenangan mempengaruhi persepsi kemudahan penggunaan TIK oleh para medik di RSUD. dr. M. Soewandhi Surabaya.
Specific Detail Info Para medik, pengembangan TAM, rumah sakit, SEM.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Adithya Sudiarno, S.T., M.T.; Nani Kurniati, S.T., M.T., Ph.D.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous