Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Kualitas Pelayanan Jasa pada Jurusan Manajemen Bisnis ITS dengan Metode Servqual dan QFD
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Kualitas Pelayanan Jasa pada Jurusan Manajemen Bisnis ITS dengan Metode Servqual dan QFD
Edition
Call Number 2015/I/17
ISBN/ISSN
Author(s) Wihardias, Avega
Subject(s) QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT
Importance Performance Analysis Diagram
Serqual
Classification 658.834 3 Wih a
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI - ITS
Publishing Year 2015
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata kunci : diagram importance performance anaysis, servqual, quality function deployment
Specific Detail Info Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesenjangan antara jasa yang dipersepsikan dengan jasa yang diharapkan mahasiswa dan mengetahui atribut layanan serta upaya peningkatan kualitas apa yang perlu diprioritaskan pada jurusan manajemen bisnis. Permasalahan yang ditemukan adalah belum diketahui sejauh mana kualitas pelayanan yang diberikan mampu memenuhi harapan mahasiswa sebagai pelanggan internal. Pencarian akar permasalahan tersebut dilakukan dengan menggunakan servqual dan diagram IPA. Metode servqual ini dapat menganalisis kesenjangan antara persespsi dan harapan yang menggambarkan kualitas pelayanan. Sementara itu diagram IPA dapat dipergunakan untuk mengetahui tingkatan kepuasan mahasiswa atas kualitas pelayanan yang diberikan. Sedangkan metode QFD dipergunakan untuk mendapatkan prioritas respon teknis yang sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan mahasiswa sebagai konsumen. Penelitian ini memperoleh lima atribut yang perlu diprioritaskan dari pelayanan yang diberikan jurusan X yaitu atribut X54 (bandwith internet), X46 (ruang ibadah), X48 (toilet), X1 (fasilitas magang) dan X18 (kemudahan dosen dihubungi). Selain itu diperoleh 31 respon teknis sebagai rekomendasi dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan. Adapun prioritas respon teknis ke-1 sampai ke-17 merupakan respon teknis yang perlu diutamakan. Ke-17 respon teknis tersebut adalah TR23 (perluasan area), TR21 (pengecekan kondisi secara berkala), TR22 (penggantian atau perbaikan fasilitas), TR24 (pembersihan 2 kali sehari), TR30 (update informasi di website setiap minggu), TR5 (pembuatan SIM bimbingan), TR31 (penambahan kapasitas bandwith), TR1 (kerjasama dengan instansi lain dengan persyaratan magang), TR9 (koordinasi secara berkala tentang jadwal ketersediaan waktu dosen.), TR26 (memastikan ketersediaan air), TR28 (menambah sponsor dari alumni untuk menyumbangkan referensi.), TR29 (penambahan referensi secara berkala), TR15 (menghubungkan dengan media sosial), TR17 (membuat forum diskusi dosen, alumni dan praktisi), TR25 (memasang atap yang lebih luas), TR19 (memberikan penghargaan pada dosen yang paling tepat waktu), TR27 (mengganti tata letak konvensional), TR16 (mencantumkan SOP di website), dan TR10 (mengoptimalkan jadwal pukul 7.00 - 16.00).
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. Bustanul Arifin Noer,MSc.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous