Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Penetapan Harga dengan Mempertimbangkan Keberadaan Produk Substitusi pada Dual Channel Supply Chain (studi Kasus : Klastik Shoes )
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Penetapan Harga dengan Mempertimbangkan Keberadaan Produk Substitusi pada Dual Channel Supply Chain (studi Kasus : Klastik Shoes )
Edition
Call Number 2014/II/79
ISBN/ISSN
Author(s) Kartikaningtyas, Dela Safitri
Subject(s) Dual Channel Supply Chain
Pricing
Product Substitution
Classification 658.7 Kar a
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2014
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Keyword: Dual Channel Supply Chain (DCSC), Pricing, Produk Substitusi
Specific Detail Info Teknologi informasi dan internet yang semakin berkembang pesat telah mengubah kebiasaan konsumen dalam berbelanja. Peluang ini, membuat perusahaan mulai menerapkan penjualan secara direct channel (melalui online facility) bersamaan dengan penjualan konvensional (melalui offline facility) yang sebelumnya telah ada. Ide ini kemudian disebut sebagai konsep Dual Channel Supply Chain (DCSC). Disisi lain, keberadaan produk substitusi dalam sebuah bisnis sudah tidak asing lagi. Beberapa perusahaan akhirnya menyediakan produk substitusi bagi produknya untuk mencegah terjadinya kehilangan penjualan ketika produk tersebut tidak ada. Harapannya dengan tersedianya produk susbstitusi, konsumen akan membeli produk substitusi ketika produk yang konsumen inginkan tidak ada. Salah satu perusahaan yang menerapkan konsep DCSC dan menyediakan produk substitusi bagi produknya yaitu Klastik Shoes. Klastik Shoes tetap ingin menjaga eksistensi kedua channel penjualan dan memaksimalkan profit yang didapatkan pada keseluruhan channel dengan adanya produk substitusi. Hanya saja, selama ini belum ada penetapan harga offline dan online yang analitis sehingga harga optimum bisa ditentukan. Untuk mendapatkan profit yang maksimal, diusulkan penetapan harga optimum menggunakan skema Stackelberg. Proses optimasi dilakukan dalam dua tahap. Optimasi pertama dilakukan oleh online channel dan central warehouse, barulah pada tahap kedua dilakukan oleh offline channel. Hasil yang didapatkan dari tugas akhir ini yaitu penetapan harga online dan offline yang optimal, melihat pengaruh produk substitusi tehadap profitabilitas DCSC Klastik Shoes, dan besarnya batas level substitusi sehingga online channel masih menguntungkan untuk di terapkan.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Eng.Erwin Widodo,ST.M.Eng; Dody Hartanto,ST,MT
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous