Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Alat Bantu Pengambilan keputusan Untuk Penentuan Kebijakan Pengendalian Peti Kemas Kosong (Reposisi dan Sewa)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Alat Bantu Pengambilan keputusan Untuk Penentuan Kebijakan Pengendalian Peti Kemas Kosong (Reposisi dan Sewa)
Edition
Call Number 2013/II/41
ISBN/ISSN
Author(s) Najib, Amal
Subject(s) INVENTORY MANAGEMENT
Empty Containers
Inventory Policy
Classification 658.403 Naj p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2013
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata Kunci: Peti kemas kosong, Inventory management, inventory policy, Decision Support System.
Specific Detail Info Pergerakan peti kemas dari suatu pelabuhan ke pelabuhan lain adalah salah satu faktor penting yang harus dikendalikan dalam perusahaan pelayaran yang bergerak dengan sistem peti kemas, mengingat perannya yang juga mempunyai kontribusi terhadap biaya perusahaan. Dalam penelitian ini dikembangkan alat bantu pengambilan keputusan untuk permasalahan pengendalian persedian peti kemas kosong pada setiap terminal peti kemas. Peti kemas kosong adalah sumber daya logistik yang penting dan setiap perusahaan pelayaran mencoba untuk mengoperasikan dan mengelola peti kemas kosong secara efisien. Karena terjadi ketidakseimbangan aktivitas antara pelabuhan, maka peti kemas kosong harus direposisi secara berkala dari daerah surplus ke daerah yang kekurangan peti kemas kosong. Namun, tidak mudah untuk benar-benar meramalkan permintaan peti kemas kosong, oleh karena itu perlu untuk dibangun sebuah cara yang efisien untuk reposisi peti kemas kosong. Tulisan ini mempertimbangkan area yang kekurangan peti kemas kosong dan mengusulkan kebijakan inventory yang efisien untuk mengendalikan peti kemas kosong. Untuk memenuhi permintaan, dilakukan reposisi peti kemas kosong dari terminal peti kemas lain dan juga mempertimbangkan sewa peti kemas kosong dari pihak lain dengan lead time nol. Untuk peti kemas sewaan, peti kemas kosong harus dikembalikan kepada penyewa setelah periode yang ditentukan. Kemudian hasil rancangan alat bantu pengambilan keputusan diaplikasikan ke dalam beberapa skenario, termasuk menggunakan data sekunder salah satu perusahaan pelayaran. Kata Kunci: Peti kemas kosong, Inventory management, inventory policy, Decision Support System.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Eng.Ir. Ahmad Rusdiasnyah, M.Eng.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous